Thursday 30 April 2009

Jepang Pantau Global Warming dari Luar Angkasa

Badan antariksa Jepang mulai menggunakan satelit khusus yang digunakan untuk memantau efek gas rumah kaca yg ada di seluruh dunia.

The Greenhouse Gases Observing Satellite (GOSAT), yang telah diluncurkan pada 21 Januari lalu telah siap bekerja untuk memberikan data-data aktual tentang kadar karbondioksida dan methan yg terdapat di 56 ribu lokasi di Bumi. Hasil pantauan ini, akan diberikan kepada ilmuan yg digunakan untuk melawan global warming.

”Untuk memerangi perubahan iklim, kita perlu untuk memantau kepadatan gas rumah kaca disemua daerah diseluruh dunia dan bagaimana tingkat perubahan tiap waktunya,” kata Takashi Hamazaki, Manager Proyek ini, seperti yg dikutip Japan Today.

Ditambahkan oleh Hamazaki, satelit GOSAT tidak hanya untuk memantau di daerah Jepang saja. Tetapi, negara-negara berkembang yg kesulitan dalam memiliki satelit ini juga turut dibantu. Nantinya Gosat juga akan mengorbit di daerah negara tersebut.

Peluncuran satelit yg menghabiskan dana hingga USD 372,9 juta, merupakan bentuk tekanan dari Protokol Kyoto yg menargetkan pemotongan emisi gas rumah kaca dan mencoba untuk lebih vokal dalam berbicara tentang memerangi perubahan iklim.

”Satelit ini akan mengorbit selama lima tahun. Semoga ini bisa memberikan hasil yg bermanfaat,”tandas Hamazaki.

No comments:

Post a Comment