Thursday 30 April 2009

Hutan Lestari Sumber Air Utama

Kawasan hutan Batang Toru yg berada di daerah Tapanuli Selatan (Tapsel) dalam catatan resmi seluas 31.556 ha atau sekitar 23,2% dari luas hutan di daerah Sumatera Utara (Sumut) . Hutan itu merupakan sumber air utama yg dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tiga kabupaten, yakni Tapsel, Tapteng dan Taput. Air Sungai Batang Toru dan Sei Aek Garoga sangat penting dalam mengairi persawahan dan perkebnan di daerah Tapsel dll. Hutan Batang Toru juga bermanfaat ganda, selain sebagai sumber air utama juga dapat mencegah terjadinya banjir, erosi, dan tanah longsor. Aliran sungai paling besar adalah Sungai Nampar pada bagian Timur hutan Batang Toru. Bahkan aliran sungai Sipanusihaporas bisa di jadikan PLTA.

Dari survey kelapangan, bahwa hutan Batang Toru dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir masih tampak belum banyak mengalami kerusakan yg berarti dibanding hutan-hutan di daerah lain. Kerusakan hanya berkisar 0,4 %, di daerah Tapsel dan Tapteng. Masyarakat perlu diajak melihat kondisi hutan Batang Toru. Tujuannya agar tetap lestari dan harapkan agar masyarakat ikut menjaganya.

Perlu pula adanya program pemberdayaan masyarakat setempat secara berkesinambungan. Agar masyarakat lebih tertarik dalam membantu pemerintah untuk mewujudkan pelestarian alam, khususnya hutan Batang Toru yg memiliki potensi besar sebagai sumber air.

2 comments:

  1. senang denger masih ada hutan primer utuh di Tapsel.

    Nggak mampir ke lubuk larangannya bang?

    ReplyDelete
  2. Yang pasti, hutannya enggak utuh lagi Bayu..dimana mana sudah pasti ada yg dirusak..
    Bayu putra daerah Tapsel ya? kok tau ada lubuk larangan?

    ReplyDelete